Laporan KI Jurusan RPL SMK Muhammadiyah 04 Boyolali
LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
SMK MUHAMMADIYAH 04
BOYOLALI
REKAYASA PERANGKAT
LUNAK
LAPORAN TUGAS
KUNJUNGAN INDUSTRI
PUSTEKOM JAKARTA
Disusun Oleh:
Febrian Arsy Saputra
08
XII RPL 1
PROGRAM STUDI
REKAYASA PERANGKAT
LUNAK
SMK MUHAMMADIYAH 04
BOYOLALI
PUSTEKOM JAKARTA
2019/2020
Lembar Pengesahan
Laporan ini telah di periksa dan di setujui pada
tanggal 26 juli 2019
Mengetahui Boyolali
26 Juli 2019
Kepala SMK Muhammadiyah 04 Boyolali Walikelas
PERSEMBAHAN
Sebuah Karyaku…..
Kupersembahkan
dengan sepenuh hati untuk…..
Allah SWT, atas
Rahmat dan Ridho-Nya hingga aku dapat menyelesaikan karya kecil ini.
Ibuk dan Bapak..barakallahufiq, takkan pernah tergantikan perjuangan
dan
pengorbananmu. Jazakumullah atas doa dan kasih sayang.
seluruh
keluarga, terima kasih atas doa dan dukungannya.
Dan tak lupa
kupersembahkan kepada Guruku tercinta, semoga karya ini dapat berguna di kemudian hari.
MOTTO
“saat kalian mencita-citakan sesuatu maka kejarlah berjuanglah gapailah itu
jangan hiraukan siapapun apapun itu,tantangan memang sealalu ada itu lah yang
membuat kita bisa merasakan apa arti nya perjuangan ingat bermimpilah dalam
hidup jangan hidup dalam mimpi”
Kata Pengantar
Assalamualaikum Wr.Wb
Segala
puji hanyalah milik Allah SWT, Dzat yang telah menjadikan sebab untuk
segala perkara, yang mengandung segala hikmah dan keterangan kepada hamba-Nya.
Yang mengutus Muhammad sebagai rasul-Nya untuk membawa agama yang dan
yang haq.
Penulis
menyadari bahwa penulisan dan pembuatan laporan kunjungan industri ini tak
lepas dari peran dahsyat orang-orang yang membantu dalam proses pembuatannya,
ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:
SELURUH GURU SMK
MUHAMMADIYAH 04 BOYOLALI
saya sadar bahwa
laporan ini masih jauh dari “Kesempurnaan”, sehingga masukan dan
saran sangat penulis harapkan. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada
seluruh pihak-pihak yang mungkin tidak tercantum yang telah banyak membantu
dalam proses penyelesaian Laporan ini.
Sampai di sini, Semoga
laporan ini dapat bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Daftar Isi
Halaman
Halaman
Judul .................................................................................................................. 1
Persembahan ..................................................................................................................... 2
Motto ................................................................................................................................ 2
Kata
Pengantar ................................................................................................................. 3
Daftar
Isi .......................................................................................................................... 4
BAB. I PENDAHULUAN
Latar belakang Kunjungan
Industri ................................................................................. 5
Tujuan kunjungan Industri .............................................................................................. 5
Manfaat Kunjungan
industri ............................................................................................ 5
Waktu Pelaksaan Kunjungan Industri .............................................................................. 5
BAB. II GAMBARAN UMUM
Sejarah
Perusahaan ........................................................................................................... 6
Visi Dan Misi
Perusahaan ................................................................................................ 6
BAB.III LAPORAN
KUNJUNGAN INDUSTRI
Pelaksanan
Kegiatan ........................................................................................................ 6
Hasil
kegiatan ................................................................................................................... 7
BAB. IV PENUTUP
Kesimpulan ....................................................................................................................... 9
Saran ................................................................................................................................. 9
LAMPIRAN
Foto Kegiatan ................................................................................................................. 10
BAB. I
PENDAHULUAN.
A. Latar Belakang Kunjungan Industri.
Seiring pesatnya
perkembangan teknologi,dunia pendidikan di tuntut untuk lebih menyongsong era
globalisasi.Dalam usaha peningkatan mutu pendidikn tersebut maka ilmu
pengetahuan dan teknologi (IPTEK) hendaknya di serapi dengan keimanan dan
ketaqwaan.Ilmu yang di dapat dalam bangku sekolah dirasakan masih sangat kurang
sehingga di perlukan sebuah kunjungan ke prsahaan / industri yang bisa membantu kami dan bisa kami jadikan perbandingan ketika
kami menerima pelajaran di sekolah.
Melihat
kenyataan yang terjadi di lapangan inilah yang menyebabkan siswa siswi SMK MUHAMMADIYAH 04
BOYOLALI mengadakan Kunjungan Industri.
Kunjungan industri dipilih untuk
memperkenalkan siswa ke dunia kerja. Siswa di tuntut untuk aktif menggali
informasi tentang kunjungan industri untuk memperoleh pengetahuan tentang
komputer komputer yang ada di PUSTEKOM Jakarta. Kunjungan industri dilakukan
untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang komputer dan jaringan cukup
asing bagi saya pribadi agar siswa dapat membandingkan antara dunia kerja
dengan ilmu yang di peroleh di sekolah.siswa di wajibkan membuat laporan atas
informasi yang di peroleh selama kunjungan industri di perusahaan yang
bersangkutan.
B. Tujuan Kunjungan
Industri
Ada Beberapa tujuan dalam kegiatan
kunjungan industri, Antara lain:
a. Memper luas wawasan
siswa/siswi dengan dunia kerja yang sesungguhnya.
b. Mendorong siswa agar
berminat bekerja di perusahaan.
c. Memberi informasi
kepada siswa tentang cara bekerja di perusahaan.
d. Melengkapi persyaratan
mendapatkan nilai kelulusan.
C. Manfaat Kunjungan
Industri.
Kunjungan industri diharapkan dapat
memiliki manfaat bagi siswa diantaranya siswa dapat mengetahui dan lebih
mengerti tentang dunia kerja, dapat mengetahui macam macam komputer yang masih
asing bagi kami dan dapat mengetahui bagaimana mengedit video sehingga muncul
di televisi kita.
D. Waktu pelaksanaan
Kunjungan industri.
Kunjungan Industri SMK MUHAMMADIYAH 04
BOYOLALI Dilaksanakan pada Tanggal 23 – 26 JULI 2019 Jakarta-Bandung
BAB. II
GAMBARAN UMUM
PERUSAHAAN.
A. Sejarah Perusahaan.
Pustekkom
di dirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun
1978 tertanggal 31 Agustus 1978 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor: 0145/O/1979 tertanggal 30 Juni 1979 yang diperbaharui dengan
Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 0222g/O/1980. Dan kini
Pustekkom mengelola JARDIKNAS yaitu Jaringan Pendidikan Nasional, yang menjadi
‘Jembatan Informasi Digital Dunia Pendidikan ‘
Pustekkom adalah salah satu unit kerja atau lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Model kegiatan pembelajaran berikutnya yang dikembangkan Pustekkom adalah yang memanfaatkan media internet. Melalui website yang dikembangkan Pustekkom, berbagai materi pelajaran dapat diakses oleh peserta didik atau masyarakat luas pada umumnya. Tidak hanya materi pelajaran yang tersedia, tetapi tersedia juga informasi tentang kebijakan pendidikan, pengetahuan ilmiah populer, pokok-pokok materi pelajaran, bimbingan belajar online, dan bank soal..
Pustekkom adalah salah satu unit kerja atau lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional. Model kegiatan pembelajaran berikutnya yang dikembangkan Pustekkom adalah yang memanfaatkan media internet. Melalui website yang dikembangkan Pustekkom, berbagai materi pelajaran dapat diakses oleh peserta didik atau masyarakat luas pada umumnya. Tidak hanya materi pelajaran yang tersedia, tetapi tersedia juga informasi tentang kebijakan pendidikan, pengetahuan ilmiah populer, pokok-pokok materi pelajaran, bimbingan belajar online, dan bank soal..
B. Visi Dan Misi Perusahaan.
Pustekkom adalah
salah satu unit kerja/lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan
Nasional.Model kegiatan pembelajaran brikutnya yang di kembangkan Pustekkom
adalah yang memanfaatkan media internet.
- VISI
Lembaga unggulan
pada bidang teknologi informasi dan komunikasi pendidikan.
- MISI
Memecahkan
masalah pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
Meningkatkan
kualitas SDM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi.
BAB. III
LAPORAN KUNJUNGAN
INDUSTRI.
A. Pelaksanaan kegiatan.
Pada hari kamis tanggal 24 juli kami
rombongan kelas XII RPL 1 dan 2 dan Multimedia sampai di tempat kunjungan
industri kita yaitu di PUSTEKOM Jakarta.Sesampainya kami di sana pihak guru
kami mengarahkan kami untuk segera bersiap siap dan langsung menuju ruangan
pemberitahuan informasi di pustekom.Setelah kami berkumpul di situ kampi[un di
perkenal kan bagian bagian ruangan yang ada di pustekom .setelah itu kami di
bagi menjadi 2 klompok untuk berkeliling untuk mengetahui lebih dalam apa saja
yang ada di PUSTEKOM tersebut.kelpmpok ku di tugaskan bersama salah 1 orang
PUSTEKOM yaitu Bp.Agung di bawa nya kita lah ke tempat pertama yaitu ke tempat
Radio Suara Edukasi.di situ kami di jelaskan banyak hal dari bagaimana cara
menyiarkan radio sampai erubah nya radio bisa di akses secara online dengan
masuk ke link www.suaraedukasi.com.dan kami pn di jelaskan
banyak hal dari berbagai aspek suara edukasi tersebut kami bisa memperoleh
banyak ilmu.
Dan tempat ke 2 yaitu tempat syuting atau syuting room
di situ kami juga di jealskan banyak dan kita di jalaskan Dalam hal ini Teknologi Pendidikan menjadi jalan utama dan
pertama untuk menjembatani, mempermudah akses pendidikan, terlebih untuk
lembaga-lembaga pendidikan yang berada didaerah, maka teknologi pendidikan
dengan model distance learning-nya hadir untuk memudahkan akses didaerah
tersebut, selain itu juga, teknologi pendidikan akan senantiasa mengikuti
perkembangan IPTEK, sehingga konsepnya tidak akantertinggal oleh waktu.
Yang lainnya yang beliau utarakan pada sesi penyambutan adalah, Pustekom saat ini tengah mengurusi jabatan fungsional lulusan Teknologi Pendidikan pembelajaran, yang kedepannya diharuskan ada disetiap lembaga pendidikan sebagai pengembang bahan ajar, pembuat model-model kurikulum dan sebagai pengembang jaringan pendidikan dalam hal integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasinya.
Selanjutnya beliau mengatakan istilah “learning can be any where, any when and any time”. Hal ini tentu Tekpend berperan didalamnya. Beliaupun menyampaikan bahwa Tekpend memiliki 2 fungsi penting yaitu:
1. Sebagai pengembang kurikulum
2. Sebagai perancang dan pengembang tools atau alat-alat penunjang proses pembelajaran baikdalam bentuk vidio, audio, ataupun audio visial (AV) dan multimedia
Selanjutnya beliau memberitahukan bahwa kedepan dan bahkan mulai dari saat ini sudah dimulai bahwa akan adanya pergeseran dari bahan ajar teks menjadi hypertext. Sehingga memungkikan kedepannya buku-buku bacaan dalam bentuk tercetak akan semakin jarang ditemui, karena orang sudah menggunakan dalam format digital.
Yang terakhir beliau menyampaikan bahwa “learning never ever finish”, dan berpesan kepada kami sebagai peserta observasi dengan ungkapan “ready for development of educational technology.
Setelah penyambutan dan ada sesi pemberian plakat dan kenang-kenangan dari kedua belah pihak, acara selanjutnya adalah observasi, yang dilakukan secara berkelompok, dimana semua peserta dibagi menjadi 3 kelompok, kemudian berkeliling memasuki tempat-tempat yang menjadi tempat berlangsungnya proses atau para karyawan Pustekom bekerja.
Saya satu kelompok dengan kawan-kawan Mhs. TIK 2008, tempat pertama yang kami kunjungi dengan dipandu oleh pemandu adalah ruang Call center Jardiknas (Jaringan Pendidikan Nasioanal).
Hal-hal yang berhasil saya catat dari hasil observasi diruangan ini adalah sebagai berikut.
Sejak than 2006 Pustekom telah berhasil memberikan program internet masuk lembaga pendidikan, segmentasinya yaitu internet kesekolah-sekolah (schoolnet) yang sampai saat ini telah berhasil dibangun sebanyak kurang-lebih 17.000 sekolah yang telah terhubung dengan internet, dengan bantuan sebagai Internet Service Providernya (ISP) adalah Speedy. Selian disekolah juga ke kantor-kantor dinas instansi lembaga pendidikan, semisal kantor dinas pendidikan provinsi, kabupaten, kota dan kecamatan, yang telah terjangkau internet. Sedangkan yang ketiga yaitu di perguuran tinggi. Untuk diperguruan tinggi fasilitas yang diberikannya agak berbeda dengan sekolah dan kantor-kantor. Perguruan tinggi fasilitas yang diberikannya adalah berupa intranet bukan internet. Semisal untuk keperluan video conference, dll.
Selanjutnya kami menuju tempat yang kedua yaitu ruang data center Jardiknas Kemendiknas. Diruangan ini sangat dingin karena untuk tetap menjaga suhu ruangan agar perangkatnya dapat tetap bekerja selama 24 jam/hari artinya tidak ada jadwal istirahat. Diruangan ini terdapat 19 rak yang berbeda. Suhu ruangan yang berkisar 170c membuat kami mengigil. Diruangan ini terbagi kedalam beberapa server, yang berhasil saya tulis diantaranya: Server NMS, server IPSE, Backup system IPSE, server colo PSMA, server domain, server Vidio streaming Tve, server backup web jardiknas, server voip, server proxy, server NSI dan server lainnya. Berdasarkan hasil waancara, kapasitas yang sekarang ada adalah sebanyak 24 Terabyte. Dan jumlah tersebut sudah masuk pada kondisi kritis yang harus segara diadakan penambahan kapasitas penyimpan yang lebih besar lagi.
Selanjutnya kami berkunjung ke ruanan master control TVE, beberapa menit kami disana, mendengarkan pemaparan dari petugasnya. Yang berhasil saya rekam dari pemaparan beliau adalah.
TVE memiliki 2 chanel. Chanel 1 untuk umum artinya data dikonsumsi secara umum, dan biasanya berlangsung selama 24 jam. Nonstop. Acaranya berupa film-film yang mendidik, dan mengandung unsur-unsur pendidikan. Adapun chanel 2, yaitu TV yang hanya bisa diakses oleh guru-guru sekolah diseluruh Indonesia yang bisa menangkap signalnya. Waktu tayangnya tidak 24 jam, melainkan hanya sewaktu-waltu saja, jika diperlukan.
Dalam proses pemutaran film-filmnyaTVE ada yang secara langsung dan ada juga yang hasil rekaman. Adapaun yang rekaman pun ada yang langsung diproduksi oleh TVE adak juga yang diproduksi oleh pihak lain dan TVe membelinya serta memutarkannya.
Untuk acara yang tidak langsung, biasanya mereka sudah menset playlist acara-acara yang akan ditampilkannya, seting playlistnya biasa perhari, dan bahkan kalau mau bisa untuk 1 bulan juga. Hal ini tidak jauh beda dengan ketika kita menyusun playlist lagu-lagu mp3.
Setelah dari ruang master control TVE kami berkung ke ruang studio 1 dan 2 TVE, disana kami diperkenalkan dengan berbagai peralatan untuk on air. Alhamdulilah akhirnya jadi sedikit tahu tentang dunia pertelevisian. Selanjutnya yang terakhir kami mengungjungi ruang multimedia. Diruang ini kami diperlihatkan berbagai hal terkait dengan media pembelajaran, mulai dari tahap perancangan, pengembangan dan penyebaran atau penggunaan media ynag telah diproduksi. Pembahasan lebih lanjut insya Allah dibahas selanjutnya dan akan saya paparkan lebih jelas. Ruangan terakhir yang kami kunjungi adalah ruang audio.
Yang lainnya yang beliau utarakan pada sesi penyambutan adalah, Pustekom saat ini tengah mengurusi jabatan fungsional lulusan Teknologi Pendidikan pembelajaran, yang kedepannya diharuskan ada disetiap lembaga pendidikan sebagai pengembang bahan ajar, pembuat model-model kurikulum dan sebagai pengembang jaringan pendidikan dalam hal integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasinya.
Selanjutnya beliau mengatakan istilah “learning can be any where, any when and any time”. Hal ini tentu Tekpend berperan didalamnya. Beliaupun menyampaikan bahwa Tekpend memiliki 2 fungsi penting yaitu:
1. Sebagai pengembang kurikulum
2. Sebagai perancang dan pengembang tools atau alat-alat penunjang proses pembelajaran baikdalam bentuk vidio, audio, ataupun audio visial (AV) dan multimedia
Selanjutnya beliau memberitahukan bahwa kedepan dan bahkan mulai dari saat ini sudah dimulai bahwa akan adanya pergeseran dari bahan ajar teks menjadi hypertext. Sehingga memungkikan kedepannya buku-buku bacaan dalam bentuk tercetak akan semakin jarang ditemui, karena orang sudah menggunakan dalam format digital.
Yang terakhir beliau menyampaikan bahwa “learning never ever finish”, dan berpesan kepada kami sebagai peserta observasi dengan ungkapan “ready for development of educational technology.
Setelah penyambutan dan ada sesi pemberian plakat dan kenang-kenangan dari kedua belah pihak, acara selanjutnya adalah observasi, yang dilakukan secara berkelompok, dimana semua peserta dibagi menjadi 3 kelompok, kemudian berkeliling memasuki tempat-tempat yang menjadi tempat berlangsungnya proses atau para karyawan Pustekom bekerja.
Saya satu kelompok dengan kawan-kawan Mhs. TIK 2008, tempat pertama yang kami kunjungi dengan dipandu oleh pemandu adalah ruang Call center Jardiknas (Jaringan Pendidikan Nasioanal).
Hal-hal yang berhasil saya catat dari hasil observasi diruangan ini adalah sebagai berikut.
Sejak than 2006 Pustekom telah berhasil memberikan program internet masuk lembaga pendidikan, segmentasinya yaitu internet kesekolah-sekolah (schoolnet) yang sampai saat ini telah berhasil dibangun sebanyak kurang-lebih 17.000 sekolah yang telah terhubung dengan internet, dengan bantuan sebagai Internet Service Providernya (ISP) adalah Speedy. Selian disekolah juga ke kantor-kantor dinas instansi lembaga pendidikan, semisal kantor dinas pendidikan provinsi, kabupaten, kota dan kecamatan, yang telah terjangkau internet. Sedangkan yang ketiga yaitu di perguuran tinggi. Untuk diperguruan tinggi fasilitas yang diberikannya agak berbeda dengan sekolah dan kantor-kantor. Perguruan tinggi fasilitas yang diberikannya adalah berupa intranet bukan internet. Semisal untuk keperluan video conference, dll.
Selanjutnya kami menuju tempat yang kedua yaitu ruang data center Jardiknas Kemendiknas. Diruangan ini sangat dingin karena untuk tetap menjaga suhu ruangan agar perangkatnya dapat tetap bekerja selama 24 jam/hari artinya tidak ada jadwal istirahat. Diruangan ini terdapat 19 rak yang berbeda. Suhu ruangan yang berkisar 170c membuat kami mengigil. Diruangan ini terbagi kedalam beberapa server, yang berhasil saya tulis diantaranya: Server NMS, server IPSE, Backup system IPSE, server colo PSMA, server domain, server Vidio streaming Tve, server backup web jardiknas, server voip, server proxy, server NSI dan server lainnya. Berdasarkan hasil waancara, kapasitas yang sekarang ada adalah sebanyak 24 Terabyte. Dan jumlah tersebut sudah masuk pada kondisi kritis yang harus segara diadakan penambahan kapasitas penyimpan yang lebih besar lagi.
Selanjutnya kami berkunjung ke ruanan master control TVE, beberapa menit kami disana, mendengarkan pemaparan dari petugasnya. Yang berhasil saya rekam dari pemaparan beliau adalah.
TVE memiliki 2 chanel. Chanel 1 untuk umum artinya data dikonsumsi secara umum, dan biasanya berlangsung selama 24 jam. Nonstop. Acaranya berupa film-film yang mendidik, dan mengandung unsur-unsur pendidikan. Adapun chanel 2, yaitu TV yang hanya bisa diakses oleh guru-guru sekolah diseluruh Indonesia yang bisa menangkap signalnya. Waktu tayangnya tidak 24 jam, melainkan hanya sewaktu-waltu saja, jika diperlukan.
Dalam proses pemutaran film-filmnyaTVE ada yang secara langsung dan ada juga yang hasil rekaman. Adapaun yang rekaman pun ada yang langsung diproduksi oleh TVE adak juga yang diproduksi oleh pihak lain dan TVe membelinya serta memutarkannya.
Untuk acara yang tidak langsung, biasanya mereka sudah menset playlist acara-acara yang akan ditampilkannya, seting playlistnya biasa perhari, dan bahkan kalau mau bisa untuk 1 bulan juga. Hal ini tidak jauh beda dengan ketika kita menyusun playlist lagu-lagu mp3.
Setelah dari ruang master control TVE kami berkung ke ruang studio 1 dan 2 TVE, disana kami diperkenalkan dengan berbagai peralatan untuk on air. Alhamdulilah akhirnya jadi sedikit tahu tentang dunia pertelevisian. Selanjutnya yang terakhir kami mengungjungi ruang multimedia. Diruang ini kami diperlihatkan berbagai hal terkait dengan media pembelajaran, mulai dari tahap perancangan, pengembangan dan penyebaran atau penggunaan media ynag telah diproduksi. Pembahasan lebih lanjut insya Allah dibahas selanjutnya dan akan saya paparkan lebih jelas. Ruangan terakhir yang kami kunjungi adalah ruang audio.
B. Hasil Kegiatan.
Hasil dari kegiatan
Kunjungan Industri adalah siswa/siswi jadi lebih memahami bagaimana lingkunagan
dunia kerja khususnya di bidang Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK), Dan
kami jadi lebih paham apa yang disampaikan oleh guru disekolah dan diperdalam
saat berada di PUSTIKNAS kami jadi tau apa guna dari router, apa itu IP camera,
wireless Camera yang belum kami dapati di sekolah, dan kami mengetahui jenis
jenis komputer apa sajakah yang ada saat ini, bukan hanya windows dan ubuntu
saja yang sering kita lihat pada sekolah.
BAB. IV
PENUTUP.
A. Kesimpulan.
Ternyata perkembangan
teknologi informasi sangat pesat, buktinya komputer sekarang sudah lebih
canggih dari yang ku banyangkan sebelumnya, dan komputer sekarang sudah
beraneka ragam, baik dari segi software maupun hardwere, bahkan saking
canggihnya ada komputer yang hanya menggunakan sebuah CPU yang ukuranya sengat
kecil, hingga aku tak tau cara trun on komputer tersebut.
B. Saran.
- sebelum melakukan
kunjungan industri sebaiknya melakukan berbagai persiapan: misalkan pertanyaan
yang kompeten, kenapa pertanyaan yang kompeten karna siswa dituntut untuk
menggali informasi saat melakukan kunjungan.
- Harus menjaga
komunikasi yang baik antara pihak sekolah maupun pihak industri agar dapat
menjaga citra baik dari sekolah maupun pihak industri.
Komentar
Posting Komentar